Rutinitas Pagi yang Bisa Anda Lakukan untuk Meningkatkan Produktivitas

Rutinitas Pagi yang Bisa Anda Lakukan untuk Meningkatkan Produktivitas

Rutinitas pagi akan mempengaruhi produktivitas sepanjang hari dan juga meningkatkan fokus saat melakukan aktivitas. Rutinitas pagi yang biasa dilakukan banyak orang untuk meningkatkan produktivitas yaitu meditasi, mencatat rencana apa saja yang akan dilakukan selama sehari penuh, berolahraga, dan pemilihan sarapan.

Melakukan rutinitas pagi sangat bagus untuk kesehatan fisik dan mental. Anda bisa menikmati udara pagi untuk mempersiapkan aktivitas yang akan dilakukan sepanjang hari.

Baca juga : Kelamaan Jam Tidur Berbahaya Untuk Kesehatan

Bangun di waktu yang tepat

Pernah mendengar “morning person memiliki tingkat produktivitas tinggi”? Pernyataan itu benar adanya. Jika Anda bukan termasuk morning person, sebaiknya latih untuk bangun tidur jam 5 pagi dan ubah pola aktivitas di pagi hari dengan berolahraga.

Menurut sebuah studi 2012 diterbitkan oleh American Psychological Association, orang yang menjadi morning person memiliki perasaan lebih bahagia dan sehat daripada orang yang melakukan aktivitas di malam hari.

Hal yang paling penting yaitu waktu tidur Anda yang cukup. Menurut Sleep.org, tubuh Anda mengerti kapan harus tidur dan bangun jika sudah cukup berdasarkan durasi tidur. Jangan memaksakan diri untuk menjadi bagian dari morning person jika Anda tidak bisa tidur cepat di malam sebelumnya.

Tentukan dan catat kegiatan yang akan dilakukan

Cara terbaik untuk mendapatkan pagi yang produktif adalah dengan mencatat apa yang akan dilakukan di malam sebelumnya. Banyak pakar menyatakan bahwa orang yang sukses menghabiskan malam mereka dengan mempersiapkan diri untuk hari berikutnya dengan mencatat dan melakukan kegiatan sesuai dengan prioritas.

Perencanaan di malam sebelumnya bersifat efektif karena Anda memiliki waktu yang cukup banyak untuk memikirkan keinginan dan pengambilan keputusan. Sedangkan jika memikirkan kegiatan dan mengambil keputusan di pagi hari akan menguras pikiran Anda. Jika Anda sudah menentukan kegiatan di malam sebelumnya, Anda akan memiliki lebih banyak energi dan waktu di pagi hari dan selama sehari penuh.

Kegiatan yang bisa Anda lakukan di malam sebelumnya yaitu menyiapkan pakaian dan tas untuk bekerja di esok hari. Jika Anda ingin menikmati pagi dengan membaca, tentukan dan siapkan bahan bacaan seperti novel di dekat sisi Anda. Jika Anda ingin berolahraga di pagi hari, pilih pakaian dan sepatu di malam sebelumnya agar mempermudah Anda dan tidak menghabiskan waktu di pagi harinya.

Rutinitas pagi yang konsisten

Unsur yang paling penting di pagi yang produktif yaitu menjalankan rutinitas secara konsisten. Menurut Claire Diaz Ortiz, pakar produktivitas dan penulis Design Your Day, hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menjadi produktif yaitu menciptakan rutinitas pagi yang ideal. Dia menjelaskan bagaimana Anda memulai hari dengan memastikan Anda tetap fokus pada apa yang paling diprioritaskan. Contoh yang bisa Anda lakukan setelah bangun tidur yaitu meditasi, latih diri Anda untuk menyatu dengan alam dan renungkanlah apa yang membuat diri Anda untuk bersyukur.

Baca juga : 5 Makanan Sehat Pencegah & Penghilang Jerawat

Olahraga

Bagi sebagian orang, olahraga di pagi hari mungkin bukanlah pilihan utama, tapi tahukah Anda bahwa waktu terbaik untuk olahraga memang di pagi hari, karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat yang bisa dirasakan :

  • Fokus

Olahraga pagi akan membantu Anda untuk fokus pada apa yang akan dicapai hari ini. Anda akan mendapatkan pikiran yang jernih dari jogging yang pada gilirannya membuat Anda menemukan ketenangan dan kedamaian untuk merencanakan hari. Cobalah luangkan waktu Anda untuk olahraga di pagi hari.

  • Perbaiki Mood

Olahraga dapat memicu tubuh untuk mengeluarkan hormon endorfin atau hormon yang membantu menimbulkan rasa senang. Olahraga di pagi hari akan memicu perasaan senang, yang pada gilirannya akan berdampak pada hidup Anda dan orang-orang yang akan Anda temui sepanjang hari.

  • Meningkatkan rasa percaya diri

Rencanakan dan tentukan target harian olahraga Anda. Keberhasilan dalam memenuhi target olahraga akan membantu Anda untuk membangun kepercayaan diri.

Ingin hidup Anda lebih sehat dan bahagia? Dapatkan update terbaru dari Love Sehat seputar tips dan info kesehatan di sini.