Plank Bisa Membuat Perut Rata dan Begini Cara Melakukannya

Plank Bisa Membuat Perut Rata dan Begini Cara Melakukannya

Sebagai salah satu gerakan olahraga yang sederhana sekaligus mudah diikuti, gerakan plank sering kali dipilih sebagai cara untuk memaksimalkan bentuk tubuh, terutama di area perut. Jika melakukan plank setiap hari secara rutin, banyak manfaat yang bisa Anda rasakan sebagai berikut.

Metabolisme tubuh meningkat

Plank setiap hari akan membakar kalori lebih banyak daripada latihan otot perut biasa seperti sit up. Plank sangat perlu untuk kamu yang setiap hari bekerja duduk di depan komputer.

Resiko cidera punggung dan tulang belakang akan berkurang

Plank akan membentuk otot dengan cara yang sederhana dan tak memaksa pinggul untuk bekerja keras. Berdasarkan American Council on Exercise, melakukan plank secara rutin akan menguatkan otot dan tulang punggung.

Baca juga : Lebih Sehat Lari Pagi Atau Lari Malam? Ini Penjelasannya

Plank efektif meningkatkan vitalitas tubuh

Plank adalah latihan sempurna untuk otot perut karena membutuhkan semua otot inti tubuh, termasuk transverse abdominus, rectus abdominus dan external oblique muscle. Kebugaran otot inti tubuh tak bisa disepelekan, karena setiap otot tubuh berperan penting dalam membentuk postur tubuh.

Keseimbangan tubuh semakin membaik

Pernah kepikiran gak kenapa orang bisa jatuh? Itu karena otot perut mereka tak cukup kuat untuk memberi keseimbangan yang dibutuhkan. Jika Anda rajin plank, Anda akan semakin handal dalam olahraga apapun.

Postur tubuhmu juga akan berubah lebih baik

Sering plank akan mengubah postur tubuhmu untuk berdiri lebih tegap dan stabil. Selain menguatkan otot, tubuh Anda juga akan semakin lentur dan fleksibel karena latihan menahan berat badan setiap harinya.

Cara Melakukan Plank

Sayangnya, karena kesibukan yang padat dan berbagai alasan lain terkadang Anda tak punya waktu cukup untuk melakukan olahraga. Tapi tenang saja, plank bisa dilakukan cukup 5 menit saja secara rutin. Cukup sisihkan waktu 5 menit sehari untuk melakukan olahraga plank secara rutin untuk mendapatkan hasil optimalnya. Dalam waktu 5 menit, ada sejumlah gerakan yang perlu diikuti dalam plank. Berikut penjelasan gerakan plank :

High Plank

High plank atau full plank merupakan posisi plank yang paling tradisional. Letakkan posisi telapak tangan Anda rata dengan lantai dan tepat di bawah bahu. Dengan bertumpu pada tangan dan kaki, angkat lutut dan tarik perutmu hingga membentuk posisi di atas. Saat melakukan plank, bayangkan bahwa ada garis lurus mulai dari puncak kepala hingga ujung kaki yang harus Anda pertahankan. Pastikan bahwa kepala Anda tidak mendongak, punggungmu tidak melengkung dan perutmu tidak turun.

Sebagai permulaan, ukur kemampuan Anda dengan mempertahankan posisi ini selama beberapa waktu (misalnya 10-15 detik) lalu istirahat selama beberapa detik kemudian ulangi lagi. Anda bisa meningkatkan waktumu secara bertahap.

Baca juga : Ini Alesan Anda Harus Meluangkan Waktu Untuk Stretching Saat di Kantor

Knee Plank

Knee Plank

Jika Anda kesulitan untuk melakukan high plank, maka Anda bisa mulai latihan dengan menggunakan modifikasi dari high plank atau yang disebut juga knee plank. Sesuai dengan namanya, latihan ini berarti Anda harus bertumpu pada otot tangan dan lutut dengan tetap mempertahankan badan yang lurus.

Elbow Plank

Elbow Plank

Posisi ini lebih sulit dibandingkan high plank, karena kemampuanmu untuk mempertahankan badan yang datar atau tidak melengkung ke atas atau turun ke bawah benar-benar akan diuji. Latihan elbow plank bertumpu pada lengan bawah dan lutut.

Elbow Side Plank

Diawali dengan posisi elbow plank, kemudian angkat tubuh ke satu sisi hingga Anda bertumpu pada salah satu lengan bawah dan kakimu. Lakukan secara bergantian untuk sisi satunya lagi. Ketahanan dan keseimbangan tubuh memainkan peranan penting dalam posisi ini.

Ingin hidup Anda lebih sehat dan bahagia? Dapatkan update terbaru dari Love Sehat seputar tips dan info kesehatan di sini.