Dengan 6 Makanan Ini Anda Bisa Menghindari Gula Darah Naik

Untuk orang yang mengalami diabetes sudah diharuskan untuk mengontrol makanan yang harus dikonsumsinya. Diabetes adalah ketika gula darah atau kadar glukosa lebih tinggi dari kadar normal. Makanan yang bisa meningkatkan kadar gula darah yaitu roti, gula, nasi, pasta, dan kue manis. Namun, bukan berarti banyak makanan yang tidak bisa Anda makan, hanya saja perlu untuk mengatur pola makan yang teratur khusus pasien dengan penyakit diabetes. Banyak makanan nikmat yang bisa Anda konsumsi dan tetap bisa mengontrol gula darah agar tidak tinggi ataupun normal. Berikut makanan yang bisa Anda konsumsi khusus untuk pasien penyakit diabetes.

Sayuran Hijau

Untuk mengontrol gula darah agar tidak naik, sebaiknya Anda mengonsumsi sayuran setiap hari. Kandungan serat, mineral, dan vitamin yang terdapat pada sayuran bisa mengontrol kadar gula darah dan mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Selain itu, Anda juga akan merasa kenyang lebih lama sehingga bisa mengontrol nafsu makan yang dapat menormalkan gula darah. Sayuran yang bisa Anda konsumsi seperti brokoli, bayam, kangkung, daun singkong, dan sayuran hijau lainnya.

Baca juga : Makan Sebelum Tidur Memang Nikmat, Namun Ini Bahaya yang Bisa Anda Dapatkan

Buah

Buah juga bisa Anda konsumsi untuk mengontrol gula darah. Buah memiliki serat, mineral, dan vitamin  yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh dan menurunkan kadar gula darah. Pilihlah buah dengan serat yang tinggi seperti alpukat, pir, apel, pisang, jeruk, anggur, kiwi, tomat, dan strawberi.

Ikan

Anda yang mengalami diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi banyak protein dibandingkan dengan karbohidrat. Hal ini dikarenakan makanan dengan sumber protein yang tinggi akan lebih lama dicerna oleh tubuh. Salah satu makanan yang memiliki protein tinggi yang bisa dikonsumsi khusus penyakit diabetes yaitu ikan. Selain kandungan protein yang tinggi, ikan juga memiliki kandungan lemak yang baik dan tinggi omega 3. Anda bisa memilih ikan salmon, ikan tuna, dan ikan kembung.

Telur

Selain ikan yang menjadi sumber protein dalam tubuh, Anda juga bisa mengonsumsi telur untuk memenuhi kebutuhan protein harian. Telur tidak memiliki kandungan nilai indeks glikemik sehingga tepat untuk sumber protein bagi Anda yang memiliki peluang terkena penyakit diabetes. Sebaiknya konsumsi telur rebus setiap hari yang bisa Anda jadikan menu sarapan.

Baca juga : Jangan Melakukan Diet Keto dan Diet Puasa (Intermittent Fasting). Kenapa Begitu?

Gandum Utuh

Bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes, sebaiknya konsumsi gandum utuh untuk mengganti nasi putih atau roti. Gandum memiliki serat yang tinggi dan aman bagi gula darah. Dengan mengonsumsi gandum ini, Anda akan merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk ngemil yang mengandung gula. Gandum utuh yang bisa dikonsumsi seperti beras merah, pasta gandum, roti gandum, outmeal, dan quinoa.

Kacang

Orang yang memiliki riwayat penyakit diabetes tetap masih bisa ngemil, asalkan harus benar dalam pemilihan cemilannya. Kacang memiliki serat yang tinggi dan mengandung nilai indeks glikemik yang rendah sehingga aman untuk kadar gula darah. Kacang yang bisa Anda pilih yaitu kacang mete, kacang kenari, walnut, kacang merah, kacang hitam, kacang arab, dan almond.

Ingin hidup Anda lebih sehat dan bahagia? Dapatkan update terbaru dari Love Sehat seputar tips dan info kesehatan di sini.