Susah Konsentrasi? Coba Makanan Ini Untuk Bantu Anda Lebih Fokus

Tahukah Anda, bahwa apa yang Anda makan tidak hanya mempengaruhi energi tubuh, namun juga daya konsentrasi otak Anda? Nyatanya, makanan yang Anda konsumsi juga bisa berdampak pada aliran darah dan oksigen menuju otak. Hal tersebutlah yang ternyata bisa mempengaruhi lamanya Anda untuk bisa tetap fokus dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Selain membantu untuk berkonsentrasi, makanan yang Anda konsumsi juga bisa menambah daya ingat.

Oleh karena itu, untuk Anda yang merasa mudah kehilangan fokus dalam beraktivitas, berikut adalah beberapa makanan yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan konsentrasi otak dalam aktivitas sehari-hari.

Baca juga : Bawa Bekal Untuk Makan Siang ke Kantor, Selain Bisa Mengikuti Suasana Hati Juga Sehat dan Bersih

Kafein dapat membuat Anda lebih waspada

Tidak ada resep makanan yang bisa meningkatkan IQ atau membuat Anda lebih cerdas tapi beberapa bahan seperti kafein dapat memberi energi dan membantu Anda berkonsentrasi. Ditemukan dalam kandungan kafein dapat membuat Anda tetap waspada dan lebih fokus. Namun, perlu diperhatikan waktu meminumnya. Sebaiknya jangan mengonsumsinya pada saat malam hari karena Anda akan terbangun dalam beberapa jam yang berefek sulit tidur. Efek samping lainnya jika mengonsumsi kafein secara berlebihan Anda akan merasa gelisah dan tidak nyaman.

Gula dapat meningkatkan kewaspadaan

Gula adalah sumber bahan bakar yang utama diproses oleh otak Anda. Itulah sebabnya jika Anda mengonsumsi jus buah atau minuman lainnya yang ditambahkan dengan gula akan meningkatkan memori, lebih fokus dalam berpikir, dan meningkatkan kemampuan mental.

Wajib sarapan untuk memulai aktivitas

Apakah Anda merupakan tipe orang yang sering melewati sarapan? Mulai sekarang usahakan untuk sarapan. Studi telah menemukan bahwa sarapan dapat meningkatkan memori jangka pendek dan perhatian Anda terhadap suatu hal. Orang yang melakukan sarapan cenderung lebih aktif melakukan aktivitas daripada mereka yang tidak. Menu makanan yang baik untuk sarapan Anda yaitu serat gandum utuh, susu dan buah-buahan. Hanya saja jangan makan berlebihan karena para peneliti juga menemukan sarapan yang berkalori tinggi dengan jumlah banyak dapat menghalangi konsentrasi.

Ikan membuat otak tetap fokus

Sumber protein ikan yang kaya akan omega 3 dan asam lemak sangat penting untuk kesehatan otak. Lemak sehat ini memiliki kekuatan untuk mendorong otak agar bisa lebih berkonsentrasi. Tidak hanya itu saja, ikan juga bisa mengurangi risiko demensia dan stroke. Kandungan ikan bisa meningkatkan memori otak hingga Anda beranjak tua / lansia. Dianjurkan untuk mengonsumsi 2 ekor ikan dalam seminggu untuk kesehatan otak dan jantung Anda.

Baca juga : Dengan 6 Makanan Ini Anda Bisa Menghindari Gula Darah Naik

Cokelat hitam memperbaiki aliran darah ke otak

Studi yang dilakukan oleh Michelle Montopoli dkk tahun 2015 menemukan bahwa mengonsumsi cokelat hitam yang mengandung 60 persen kakao bisa membuat otak lebih waspada dan penuh perhatian.

Sebuah studi tahun 2013 juga menemukan bahwa orang yang minum dua cangkir cokelat setiap hari selama sebulan mengalami perbaikan aliran darah ke otak, sehingga mereka memiliki kinerja yang lebih baik dalam tes memori. Konsumsi cokelat hitam juga bisa meningkatkan kadar serotonin dan endorfin, yang berperan dalam meningkatkan tingkat konsentrasi otak.

Blueberry meningkatkan memori otak

Studi yang dilakukan tahun 2010 yang diterbitkan oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukkan bahwa orang yang minum jus blueberry setiap hari selama dua bulan, bisa meningkatkan kinerja mereka pada tes belajar dan memori secara signifikan. Kandungan antioksidan dalam blueberry juga bisa membantu meningkatkan memori dengan mengaktifkan enzim pelindung otak.

Ingin hidup Anda lebih sehat dan bahagia? Dapatkan update terbaru dari Love Sehat seputar tips dan info kesehatan di sini.