Kembalikan Berat Badan Setelah Rayakan Hari Natal

Hari Natal tak lengkap jika tidak melakukan kegiatan memilih pohon Natal untuk mendekorasi rumah, selain itu ada pula tradisi yang datang bersamaan dengan musim liburan yaitu menyantap makanan dan minuman khas Natal yang bisa disajikan bersama keluarga besar. Melimpahnya makanan di hari natal membuat Anda rasanya ingin menyantap semua makanan yang ada di meja makan. Berikut makanan khas yang biasa disajikan saat natal dengan disertai perkiraan kalorinya :

Ayam Kalkun

Berawal dari King Henry VII yang mulai menyajikan kalkun panggang dalam perayaan Natal. Sejak saat itu hingga tahun 1950, ayam kalkun justru identik sebagai hidangan spesial Natal.

Hingga kini, banyak orang di dunia yang sengaja memasak ayam kalkun panggang utuh khusus untuk menu makan malam Natal. Porsinya yang besar memang sangat pas dimakan bersama keluarga.

Kalori yang terdapat pada ayam kalkun ini sekitar 1.135 kal per potong.

Baca juga : Makan Sebelum Tidur Memang Nikmat, Namun Ini Bahaya yang Bisa Anda Dapatkan

Eggnog

Bertepatan dengan musim dingin dan musim penghujan, sajian untuk menghangatkan badan sangat diperlukan. Anda bisa merasakan hangatnya secangkir eggnog yang khas dan menu wajib saat hari Natal. Eggnog bisa Anda buat sendiri di rumah dengan bahan seperti susu, rum atau wiski, kuning telur, dan rempah-rempah. Eggnog telah menjadi minuman tradisi liburan Natal selama berabad-abad atau 1700-an.

Kalori yang terdapat pada eggnog sekitar 223 kal per gelas.

Saus Cranberry

Salah satu menu wajib saat hari Natal yaitu ayam kalkun panggang, untuk menyantapnya tak lengkap rasanya jika tanpa saus cranberry. Untuk proses pembuatan saus cranberry sangat mudah, pertama dengan merebus buah cranberry dalam air dan gula. Bila buah sudah lunak dan air mengental, tambahkan perasan jeruk lemon dan tepung maizena. Kemudian angkat saus cranberry. Beberapa resep saus cranberry ada yang diberi tambahan variasi almond, jahe, sirup maple atau kayu manis.

Kalori yang terdapat pada saus cranberry sekitar 110 kal per ¼ gelas.

Mashed Potato

Menu yang satu ini adalah pengganti nasi saat hari Natal tiba. Mashed potato disajikan untuk pendamping ayam kalkun dan saus cranberry. Cara pembuatannya cukup mudah yaitu dengan menumbuk kentang yang ditambahkan dengan mentega dan cream keju lalu panggang selama 20-30 menit.

Kalori yang terdapat pada mashed potato sekitar 230 kal per mangkuk.

Baca juga : Dengan 6 Makanan Ini Anda Bisa Menghindari Gula Darah Naik

It’s Time to Diet!

Setelah menikmati banyak makanan saat hari natal, tanpa Anda sadari berat badan meningkat. Jangan khawatir! Ayo, kembalikan berat badan Anda dengan beberapa cara berikut :

Atur Pola Makan dengan Porsi Kecil

Untuk menghindari perut begah dan mempermudah metabolisme dalam tubuh, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan cara bertahap atau atur jadwal dengan porsi yang sedikit. Hal ini sangat membantu dalam proses pencernaan agar lemak tidak banyak tertinggal pada tubuh.

Jadikan Buah untuk Cemilan

Untuk sementara waktu, cemilan Anda yang biasanya dengan kue atau coklat bisa diganti dengan buah-buahan. Anda bisa menikmati buah sebagai cemilan saat di kantor atau di perjalanan seperti strawberry, jeruk, kiwi, anggur, dan melon atau semangka potong.

Wajib Minum Air Putih

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa air putih baik untuk tubuh. Memang tidak diragukan lagi, air putih sangat membantu untuk proses metabolisme dan pengembalian berat badan. Untuk membiasakan Anda agar selalu minum air putih bisa menyediakan botol minuman dengan air putih yang dibawa dari rumah untuk menemani perjalanan Anda saat ke kantor atau liburan.

Olahraga Teratur

Hanya dengan mengontrol konsumsi makanan tanpa adanya olahraga akan menjadikan usaha Anda untuk diet bisa sia-sia saja. Pasalnya, olahraga merupakan cara agar kalori dan lemak yang ada pada tubuh Anda terbakar. Tak perlu lama, cukup 10 – 30 menit saja Anda berolahraga setiap hari secara teratur.

Ingin hidup Anda lebih sehat dan bahagia? Dapatkan update terbaru dari Love Sehat seputar tips dan info kesehatan di sini.