Ini Pentingnya Perawat Home Care Dibandingkan Caregiver

Ini Pentingnya Perawat Home Care Dibandingkan Caregiver

Untuk menekan biaya yang semakin membesar, tak jarang Anda dan keluarga memilih untuk pemulihan perawatan home care di rumah. Namun, perawatan di rumah membutuhkan jasa layanan perawat home care yang mumpuni di bidang medis. Orang tua atau keluarga Anda yang mengalami stroke dan sudah dirawat di rumah sakit selama tiga minggu, akan diperbolehkan pulang meski masih mengalami lumpuh separuh badan, namun sudah sadar dan mampu makan serta minum. Pada kondisi ini, Anda harus cermat dalam mencari perawat home care untuk mendampingi orang tua atau keluarga yang mengalami penyakit stroke. Jangan sampai Anda salah memilih caregiver yang tidak mengerti ilmu medis.

Bagi pasien pasca operasi, perawatan home care merupakan pilihan yang lebih menyenangkan karena dalam kondisi tak sehat akan memilih perawatan paling nyaman yaitu bisa berada di rumah sendiri di tengah-tengah keluarga. Adapun perawatan di rumah sakit atau home care biasanya dilaksanakan hingga pasien mencapai kondisi stabil untuk penyakit yang kronis. Setelahnya, bila memungkinkan perawatan pasien bisa dilakukan di rumah atau berobat jalan.

 

Perbedaan Perawat dan Caregiver

Perawatan stroke ataupun pasca operasi yang dilakukan di rumah perlu dibantu oleh perawat home care profesional dibandingkan caregiver. Kenapa begitu?

Perawat adalah profesi dengan pendidikan D3 hingga S1 dengan kemampuan dan pengetahuan mengenai ilmu medis yang mumpuni. Perawat juga mempunyai kewenangan dalam merawat pasien yang sedang mengalami penyakit kronis.

Sedangkan caregiver yaitu orang yang dilatih hanya dengan waktu singkat untuk menjaga orang sakit. Namun, caregiver tidak berkemampuan dan berkewenangan dalam melakukan langkah medis keperawatan yakni menganalisis masalah keperawatan, melakukan tindakan keperawatan tertentu semisal memasang infus, menyuntik, memasang selang makanan dari hidung, dan lain-lainnya. Tugas caregiver sangat terbatas dalam menjaga orang sakit. Anda perlu usaha yang besar dalam mengajari atau men – training caregiver untuk menjaga orang tua atau keluarga yang sedang sakit.

Dokter akan merekomendasikan perawatan yang terbaik dengan perawat home care yang sudah memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) dari Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI), maka dengan pendidikan dan bersertifikasi ini perawat lansia bisa merawat orang tua Anda dan sudah pasti bisa membantu menggunakan alat kesehatan serta sudah memiliki pengalaman home care.