Ini Alesan Anda Harus Meluangkan Waktu Untuk Stretching Saat di Kantor

Kesibukan di kantor membuat Anda sulit untuk melakukan olahraga. Dengan pekerjaan yang terbilang padat, Anda seringkali menunda untuk berolahraga. Alhasil olahraga dilakukan hanya di hari libur saja. Namun, Anda juga bisa meluangkan waktu untuk sekedar meregangkan badan saat di kantor.

Kebiasaan jarang bergerak di kantor tidak hanya merusak fisik tubuh Anda, namun juga akan mempengaruhi mental dan psikologis Anda. Duduk membungkuk dan terus menunduk membuat Anda merasa lemas yang bisa menurunkan kepercayaan diri, energi, dan mood. Akibatnya? Tingkat produktivitas kerja yang tidak maksimal.

Jadi, daripada gengsi menahan rasa sakit dan pegal linu selama di kantor, cobalah 5 model stretching berikut ini untuk peregangan tubuh yang bisa Anda lakukan di sela-sela tumpukan pekerjaan. Tidak hanya membebaskan tubuh dari ketegangan, pikiran juga akan kembali segar dan bersemangat sehingga memudahkan Anda untuk tetap fokus pada pekerjaan Anda

Baca juga : Ini Jenis Olahraga yang Sesuai Dengan Usia Anda

5 Model Stretching di Kantor

Side Stretch

Berdiri dengan kedua kaki merapat dan kedua tangan berada di samping tubuh. Seimbangkan berat badan di kedua kaki Anda. Ambil napas, regangkan punggung Anda dan angkat kedua tangan lurus di atas kepala. Genggam pergelangan tangan kanan dengan tangan kiri. Jaga bahu dan pinggul Anda tetap sejajar ketika Anda memiringkan tubuh ke kiri. Perlahan tarik dengan tangan kiri Anda untuk meregangkan sisi kanan tubuh Anda. Jaga agar dagu tetap terangkat dan sejajar lantai. Tahan selama tiga kali tarik-buang napas, kemudian tukar sisi kanan.

Thigh Stretch

Berdiri menghadap meja dengan kedua kaki lurus menghadap ke depan, kedua lengan berada di samping tubuh menyentuh paha. Tumpukan berat badan di kaki kanan dan angkat kaki kiri mengarah punggung. Genggam ujung kaki kaki kiri dengan tangan kiri Anda, dan geser kaki kiri mengarah sisi kanan Anda. Tendang kaki kiri Anda mengarah ke luar, luruskan telapak kakinya dan regangkan jari-jarinya ke belakang. Tahan posisi peregangan ini selama tiga kali hitungan napas, dan ubah posisi.

Chair Raised Hands Pose

Duduk di kursi dengan memanjangkan tulang belakang dan posisi kedua kaki mantap menjejak lantai. Pada tarikan napas, angkat kedua tangan lurus menghadap langit-langit atap. Lemaskan tulang belikat Anda masuk ke dalam punggung sambil Anda meraih ke atas dengan ujung-ujung jemari. Fokuskan berat badan di tulang duduk dan buat gerakan tangan meraih ke atas. Tahan gerakan selama tiga kali hitungan napas, dan ulangi beberapa kali.

Baca juga : Ini Cara Menggunakan Electrical Muscle Stimulation (EMS) Agar Tetap Fit

Seated Twist

Duduk di kursi dengan memanjangkan tulang belakang dan posisi kedua kaki mantap menjejak lantai. Ambil tarikan napas dan pada hembusan napas, putar tubuh bagian atas Anda ke sisi berlawanan (misal, putar tubuh bagian kiri mengarah ke kanan) dari ujung tulang belakang Anda, sambil menggenggam sandaran lengan kursi. Buat beberapa kali hitungan napas selama beberapa saat, kemudian putar balik ke sisi satunya.

Wrist Release

Gunakan tangan kiri untuk menekan ujung-ujung jari kanan ke bawah selama beberapa detik, menekuk pergelangan tangan ke arah yang berlawanan dengan menekan jari-jari Anda ke arah dalam pergelangan. Kemudian tukar posisi dengan tangan kiri menekan punggung tangan kanan. Tahan selama beberapa detik, kemudian tukar dengan tangan yang satunya.

Ingin hidup Anda lebih sehat dan bahagia? Dapatkan update terbaru dari Love Sehat seputar tips dan info kesehatan di sini.