8 Gejala yang Mungkin Anda Miliki Penyebab Diabetes

8 Gejala yang Mungkin Anda Miliki Penyebab Diabetes

Diabetes adalah penyakit dimana naiknya tingkat gula darah seseorang yang disebabkan rendahnya kerja hormon insulin di dalam tubuh. Diabetes mempunyai 3 jenis yaitu diabetes tipe 1 yang biasanya terjadi pada anak-anak dimana hormon insulin di dalam tubuh mereka bekerja dengan sangat rendah sehingga mengakibatkan peningkatan gula darah. Jenis diabetes yang kedua adalah diabetes tipe 2 yang biasanya terjadi pada orang berusia paruh baya. Hal ini terjadi karena disebabkan ketidakmampuan tubuh memproduksi insulin. Sedangkan yang ketiga adalah gestational diabetes yang umum terjadi pada wanita hamil.

Diabetes mampu berubah menjadi silent killer yang diam-diam dapat membahayakan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Karena itu, ketahui gejala diabetes sejak dini.

Baca juga : Bahaya! Ini Risiko Akibat Terlalu Banyak Konsumsi Minuman Bersoda

Gejala Diabetes Melitus

Sering merasa haus sehingga banyak minum

Jika buang air kecil lebih sering dari biasanya, maka tubuh akan berusaha menyeimbangkannya dengan cara mengganti cairan yang hilang tersebut. Sebagai responnya maka akan merasa terus menerus haus sehingga akan membuat seseorang banyak minum. Jadi perhatikan gejala diabetes selanjutnya, Apakah Anda harus minum lebih banyak dari biasanya akhir-akhir ini?

Sering buang air kecil

Ketika gula darah kadar tinggi, maka seseorang akan buang air kecil lebih sering. Hal ini terjadi karena insulin yang bekerja tidak efektif, atau bahkan tidak ada sama sekali, akan membuat ginjal tidak dapat menyaring glukosa kembali ke dalam darah. Ginjal akan mengambil air dari darah untuk mencairkan glukosa sehingga kandung kemih akan cepat penuh karena banyak menarik air.

Penurunan berat badan

Lebih umum terjadi pada orang-orang dengan diabetes melitus tipe 1. Hal ini terjadi ketika tubuh tidak memproduksi insulin, maka sel-sel tubuh akan mencari sumber energi lain. Oleh karena itu, jaringan otot dan lemak akan dipecah menjadi sumber energi. Seperti diketahui bahwa gejala diabetes melitus tipe 1 memiliki gejala yang lebih mendadak sedangkan gejala diabetes tipe 2 terjadi secara bertahap, penurunan berat badan lebih terlihat pada DM tipe 1.

Sering merasa lapar sehingga banyak makan

Ketika insulin dalam darah tidak bekerja dengan baik atau tidak ada insulin sama sekali, maka sel-selĀ  tidak akan mendapatkan energi karena tugas insulin adalah memasukkan energi (glukosa) ke dalam sel. Sebagai mekanisme kompensasinya tubuh akan bereaksi dengan mencoba untuk menemukan lebih banyak energi yaitu akan merasa terus menerus lapar sehingga akan banyak makan, namun badan tetap lemah.

Baca juga : Kloset Duduk atau Kloset Jongkok, Mana yang Lebih Sehat?

Mudah lelah

Jika insulin tidak bekerja dengan baik atau tidak ada sama sekali, glukosa tidak akan memasuki sel-sel Anda dan tidak bisa menjadikan energi. Ini akan membuat Anda merasa lelah dan lesu.

Luka dan memar susah sembuh

Apakah luka dan memar yang Anda alami memakan waktu lebih lama dari biasanya untuk sembuh? Ketika ada lebih banyak gula (glukosa) dalam tubuh, kemampuan tubuh untuk sembuh dari luka atau memar menjadi terganggu.

Penglihatan kabur

Gejala penglihatan kabur bisa terjadi karena masalah pada otot-otot dan jaringan yang menarik lensa mata menjadi kurang optimal karena kurangnya penyaluran energi akibat diabetes. Hal ini akan mempengaruhi kemampuan mata untuk fokus. Namun ada kasus yang parah di mana kebutaan atau masalah penglihatan berkepanjangan dapat terjadi sebagai komplikasi gejala diabetes.

Mati rasa atau kesemutan

Jika ada terlalu banyak gula dalam darah, maka saraf bisa menjadi rusak karena terjadi hambatan pada pembuluh darah kecil yang memberi makan saraf. Hal ini terjadi secara umum sehingga biasanya mengalami kesemutan dan / atau mati rasa di kedua tangan dan kaki.

Ingin hidup Anda lebih sehat dan bahagia? Dapatkan update terbaru dari Love Sehat seputar tips dan info kesehatan di sini.