6 Tips Tetap Konsisten Berolahraga

Tips Tetap Konsisten Berolahraga

Ada saatnya ketika Anda ingin berolahraga namun perasaan malas melanda, maka Anda pun membutuhkan motivasi ekstra untuk tetap melakukan olahraga. Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan olahraga agar tidak lagi merasa kemalasan dan kelelahan.

Cari Olahraga yang Bisa Dinikmati

Jangan mengikuti olahraga yang dilakukan teman. Carilah olahraga yang benar-benar membuat Anda nyaman. Jika Anda menyukai olahraga dengan intensitas tinggi bisa melakukan jogging, zumba ataupun aerobik. Namun sebaliknya, jika Anda menyukai olahraga dengan intensitas rendah bisa melakukan yoga, bersepeda atau jalan santai.

Baca juga : Jangan Duduk Terlalu Lama, Ini Penyakit yang Bisa Menyerang Anda

Buat Jadwal Olahraga

Jadwalkan beberapa hari dalam seminggu dan tandai di kalender Anda untuk berolahraga. Berikan diri Anda jeda untuk beristirahat. Bangun motivasi seperti jika Anda menetapkan tujuan untuk berolahraga lima hari dalam seminggu namun hanya empat kali, maka itu dianggap sebagai kegagalan. Sebaliknya, berikan diri Anda rentang yang lebih realistis seperti tiga atau empat hari dalam seminggu.

Tentukan Target Berolahraga

Banyak orang menetapkan target berolahraga seperti membentuk badan menjadi six-pack atau menurunkan berat badan. Untuk tetap termotivasi, pastikan Anda tidak bosan dan terus berolahraga pada tingkat yang stabil, Anda perlu menetapkan target yang lebih simpel dan realistis.

Jika sudah menentukan target, maka selanjutnya Anda bisa menentukan olahraga yang cocok dan sesuai dengan targetnya.

Usahakan Olahraga di Pagi Hari

Sebagian orang lebih mudah membangun motivasi di pagi hari dan merencanakan olahraga sesuai kebutuhan. Hal ini dikarenakan jika olahraga dilakukan pada malam hari, tubuh Anda akan merasa lelah dan banyak kegiatan yang bisa mengganggu jadwal latihan Anda seperti bertemu dengan teman sepulang kantor atau terjebak macet hingga larut malam.

Olahraga di pagi hari bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Berdasarkan penelitian dari The Journal Vascular Health and Risk Management, orang sering merasa lebih berenergi sepanjang hari setelah berolahraga di pagi hari. Hal ini berefek pada lebih bersemangat menjalankan aktivitas dan kegiatan tertata selama sehari penuh.

Baca juga : HIIT, Solusi Untuk Anda yang Ingin Kurus Namun Tidak Memiliki Banyak Waktu Berolahraga

Selalu Membawa Pakaian Olahraga

Hambatan yang bisa membuat Anda tidak berolahraga salah satunya seperti harus pulang setelah bekerja untuk mengganti pakaian latihan sebelum menuju ke tempat gym. Sebaiknya, bawa pakaian latihan Anda saat ingin berangkat kerja untuk olahraga di malam hari.

Dengarkan Musik yang Membangun Mood

Penelitian menemukan bahwa olahraga sambil mendengarkan musik dapat meningkatkan durasi berolahraga untuk pria dan wanita. Musik meningkatkan suasana hati dan mendorong gerakan menjadi lebih semangat. Mendengarkan musik juga bisa mengurangi rasa lelah saat melakukan olahraga yang cukup berat. Mendengarkan musik saat berolahraga bisa membuat pikiran dan perasaan menjadi lebih tenang.

Ingin hidup Anda lebih sehat dan bahagia? Dapatkan update terbaru dari Love Sehat seputar tips dan info kesehatan di sini.